Selasa, 05 Mei 2015

Harga Murah, Petani Banyak Jual Kebun

 

      SEMENDAWAI SUKU III - Harga jual getah karet di wilayah kecamatan Semendawai Suku III terus menurun. Bahkan sekarang harga jual getah karet yang dua mingguan hanya Rp 7 ribu perkilonya, sedangkan yang mingguan hanya Rp 5 perkilonya.

       Akibat murahnya harga getah karet baik yang seminggu maupun yang dua mingguan, membuat para petani karet  kurang bergairah dalam melakukan aktivitasnya menyadap karet.” Dari hasil tersebut harus dibagi 3 dengan yang punya kebun, 2 untuk yang punya kebun dan 1 satu Kalau harganya murah, rasanya hasil getah yang kami sadap tidak ada nilainya, karena hasil bagian kami,” kata Masno (45) warga Taraman kecamatan Semedawai Suku III, Selasa (5/05) kemarin.

          Menurutnya ,  jatuhnya harga karet sangat menyusahkannya para petani karet di Kecamatan tersebut.  Karena penghasilan mereka  turun drastis, sedangkan biaya kebutuhan pokok sehari-hari masih tinggi.”  Murahnya harga karet membuat kami sudah mulai putus asa dan ada rencana untukmenjual kebun dan beralih propesi,” ujarnya.

       Senada juga diutarakan Ahmad (39), petani karet desa Karang Marga kecamatan Semendawai Suku III. Menurutnya, terpaksa dia mencari tambahan untuk menambah pendapatnya menjadi kuli bangunan setelah pulang dari nyadap karat.” Kalau tidak cari tambahan, utang kami di warung akan bertambah banyak,” pungkasnya.(fir)  

0 komentar:

Posting Komentar