Senin, 20 April 2015

Air Getah Karet Bisa Membuat Jalan Rusak


SEMENDAWA TIMUR- Air dari getah karet saat petani mau menjual ke tengkulak diduga bisa membuat jalan poros maupun jalan lingkungan yang belum dikeraskan menjadi cepat rusak. Karena bahan kimia yang tersisa saat membekukan karet bisa membuat tanah menjadi lembut dan gumbur. Oleh sebab itu, petani anjurkan membuat tempat khusus untuk nimbang getah karet.    
       Pemantauan di lapangan Senin (20/4) kemarin memang banyak petani menimbang getah karet saat akan dibeli oleh tengkulak di jalan poros, dan airnya membuat jalan rusak.” Sejak dulu kami menimbang getah karet di jalan poros, supaya para tengkulak dengan mudahnya keluar desa.” Kata Ketut warga desaKarang Mulya. 
Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) desa karang Mulya Kecamatan Semendawai Timur mengatakan air dari getah karet bisa merusak jalan. Karena itu dia menganjurkan kepada warga baik itu di wilayah desa Karang Marga khususnya dan Kecamatan Semendawai Timur umumnya jalan nimbang karet di jalan poros.
      “ Sebaiknya tempat untuk menimbang getah karet yang akan dijual pada tengkulak dibuatkan tempat khusus dan jangan di jalan poros. Sebab bahan kimia yang ada pada air getah tersebut bisa membuat jalanan rusak dan berlubang,” katanya saat dibincangi wartawan belum lama ini.(fir)

0 komentar:

Posting Komentar