Kamis, 09 April 2015

Sebanyak 20 pasangan Ikuti Sidang Isbat Nikah Massal Terpadu Kabupaten OKU Timur


     Sebanyak 20 pasangan melakukan sidang Isbat Nikah massal terpadu Kabupaten OKU Timur tahap pertama, pelaksanaan sidang Isbat ini dilangsungkan di kantor kecamatan Belitang Mulya, Kamis (9/4) kemarin. sidang Isbat Nikah massal dilaksanakan atas kerjasama pemerintah oku Timur, pengadilan agama dan pengadilan Negeri serta kmentrian agama OKU Timur.
      Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial, Mirwansyah mengatakan, program nikah massal terpadu dilaksanakan karena masih banyaknya pasangan nikah yang belum terdaftar dipengadilan agama. Sehingga mereka kesulitan untuk mengurus adminitrasi kependudukan , dalam hal ini adalah Akta Kelahiran,” Tujuan sidang Isbat Nikah massal terpadu ini, untuk meminimalisir jumlah pasangan yang sudah menikah tapi belum memiliki buku nikah, sehingga mereka dapat mengurus adminitrasi kependudukan Akta Kelahiran dan dapat meningkatkan peran serta dalam pembangunan di Kabupaten OKU Timur,” katanya.
     Untuk peserta sidang isbat nikah massal terpadu tahap pertama ini sebanyak 20 orang, delapan pasang dari desa Petanggan dan 12 pasang dari Desa Purwodadi, “ Sedangkan untuk data calon peserta sidang Isbat Nikah masal yang telah terdaftar di Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten OKUT sebanyak 1623 pasangan,” jelas Mirwansyah.
    Sementara itu,  Bupati OKU Timur dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten VI  Faturahman mengatakan,  kegiatan sidang Isbat Nikah massal terpadu ini merupakan yang pertama kali dilakukan sejak berdirinya OKU Timur,” Alhamdulilah dengan dilaksanakannya acara ini, dapat mengurangi jumlah pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki buku nikah dan nantinya tidak ada lagi anak usia sekolah yang tak memiliki Akta Kelahiran,” ujarnya.
     Hadir dalam pembukaan acara sidang Isbat Nikah massal terpadu ini, Ketua Pengadilan Agama Baturaja Hasnayeti, Kejaksaan Negeri Martapura, Pengadilan Negeri Baturaja, Dan Yon Armed 15/76 Tarik, TP PKK OKU Timur, Darma Wanita Persatuan, Camat seOKU Timur, Kapolsek, Danramil serat  para pasangan peserta sidang isbat nikah missal.(Mg3/adv)

0 komentar:

Posting Komentar