Minggu, 26 April 2015

Harga Jual Karet Kembali Turun


        SEMENDAWAI TIMUR - Harga jual getah karet di wilayah Kecamatan Semendawai Timur masih murah. Harga karet perkilonya kini menjadi Rp 7 ribu perkilonya. Padahal sebelumnya petani menjual pada tengkulak dengan harga Rp 7300 perkilonya.  Akibat penurunan harga yang cukup signifikan tersebut, membuat para petani karet  semakin kurang bergairah dalam melakukan aktivitasnya.
         Harga jual getah karet yang murah dari para tengkulak karet tidak ada yang tahu penyebabnya, kadang naik kadang pula turun. Setiap kali nimbang harganya tidak sama “ Kata para tengkulak, turunnya harga karet dimulai dari tingkat pabrik. Sehingga mereka juga tidak berani beli dengan harga tinggi,” kata Purwanto(45) salah seorang petani karet, desaTulung Harapan, Minggu (26/4).
      Menurutnya,  jatuhnya harga karet  sangat menyusahkannya para petani karet di Kecamatan tersebut.  Karena penghasilan mereka  turun drastis, sedangkan biaya kebutuhan pokok sehari-hari merangkak naik, akibat kenaikan BBM baru-baru ini.” Harga jual karet  murah, bahan-bahan pokok naik.Sehingga membuat pusing kepala,” ujarnya.
           Senada juga diutarakan Sukam (39), petani karet desa Tulung Harapan  lainnya. Dikatakannya, menurut informasinya harga jual getah karet yang sekarang Rp 7 akan terus turun,” Kalau harga karet sampai ajlok ke harga Rp 6500 perkilonya seperti beberapa waktu lalu, sudah dipastikan petani karet bertambah gelisah dan bertambah banyak warga yang merantau ke luar daerah,” tuturnya.(fir)

0 komentar:

Posting Komentar