Senin, 13 April 2015

Harga Getah Karet Rp Rp 7 Perkilonya


       SEMENDAWAI TIMUR- Harga jual getah karet di kecamatan Semendawai Timur hingga kini belum stabil, sehingga patani karet masih was-was apalagi tidak lama lagi pergantian tahun. Harga jual petani ke tengkulak untuk karet  yang dua minggu saat ini harganya  Rp. 7 ribu perkilonya.

      Mahmud(50), salah seorang petani karet Kecamatan Semendawai Timur mengatakan, dengan belum stabilnya harga jual getah karet membuat mereka harus memutar otak untuk mengatur keungan hasil menjual getah karet. Apalagi mereka rata-rata mempunyai tanggungan kreditan motor setiap bulannya yang harus dibayar. “Akibat harga karet murah banyak kreditan sepeda motor tetangga saya diambil Shoroom ataupun lesingan,” katanya. 

     Parahnya lagi, tidak hanya sepeda motor kreditan yang ditarik oleh showroom dan lesingan, tapi banyak juga warga yang mau jual kebun karet mereka karena terbelit hutang di Bank.” Kalau tidak segera dijual mereka takut kebun karet mereka juga akan disita oleh pihak Bank swasta, baik itu di wilayah kabupaten OKUT maupun yang di OKI,” terangnya.

      Selain harga karet belum stabil harganya, mereka juga sering kali menyadap karet pada waktu siang hari karena saat ini masih sering hujan, jadi pohon karet masih basah kalau pagi hari.” Karena nyadapnya siang hari, terpaksa kami tidak bisa cari kerja tambahan lagi untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” terangnya.(fir)

0 komentar:

Posting Komentar