Kamis, 16 April 2015

Harga Jual Karet Terjun Bebas


SEMENDAWAI SUKU III- Harga jual getah karet di wilayah Kecamatan Semendawai Suku III  terjun bebas. Harga karet yang tadinya Rp 10 ribu perkilonya lalu turun menjadi Rp 7.200 dan kini menjadi Rp 7 ribu  perkilogramnya. Akibat penurunan harga yang cukup signifikan tersebut membuat para petani karet  kurang bergairah dalam melakukan aktivitasnya.
          Harga jual getah karet yang turun drastis dari para tengkulak karet tidak ada yang tahu penyebabnya. “Kata para tengkulak, turunnya harga karet dimulai dari tingkat pabrik. Sehingga mereka juga tidak berani beli dengan harga tinggi,” kata Wiyono  (45) salah seorang petani karet Desa Taraman, Kecamatan Semendawai Suku III.
          Menurutnya,  jatuhnya harga karet  sangat menyusahkannya para petani karet di kecamatan tersebut.  Karena penghasilan mereka  turun drastis, sedangkan biaya kebutuhan pokok sehari-hari merangkak naik.” Harga jual karet  murah, bahan-bahan pokok naik.Sehingga membuat pusing kepala,” ujarnya.
         Senada juga diutarakan Sutrisno (39), petani karet desa Karang Marga  lainnya. Dikatakannya, menurut informasinya harga jual getah karet yang sekarang Rp 7 ribu masih akan terus turun lagi,” Kalau harga karet sampai ajlok ke harga Rp 7 ribu  seperti beberapa waktu lalu, sudah dipastikan petani karet bertambah gelisah dibuatnya,” tuturnya.(fir)

0 komentar:

Posting Komentar